Wednesday, February 1, 2012

Injak kopling ngak perlu keras lagi si bongsor

Karakter pijakan kopling yang  keras pada  Peugeot 406  bukanlah suatu kelainan mesin atau kesalahan produksi. Hal ini dikarenakan pendeknya tuas pengungkit kopling pada bagian fork dan juga karena masih bersifat konvensional.
Modifikasi yang perlu dilakukan, seperti ditulis SitusOtomotif.com,  adalah pada bagian tuas penarik kopling dan kedudukannya atau biasa disebut  fork clutch. Tuas penarik ini harus dibuat lebih panjang 2,3 cm dari sebelumnya.
Caranya hanya dengan melakukan teknik penyambungan dengan menambahkan plat besi tepat di bagian tengah tuas yang sebelumnya dipotong terlebih dahulu menjadi dua bagian. Kemudian barulah dilakukan peyambungan dengan sistem las.
Setelah penyambungan tuas, ada satu bagian lagi yang harus dimodifikasi yaitu dudukan  kabel koplingnya. Karena begitu tuas penarik kopling menjadi lebih panjang maka ujung tuas yang tersambung pada kabel kopling jadi berubah posisi. Untuk mengubah dudukannya bisa menggunakan bushing roda motor yang dipotong jadi dua.
Usai sudah usaha proses usaha meringankan pijakan kopling Peugeot 406 hingga menjadi  90 persen lebih ringan dari sebelumnya. Terlebih jika kondisi kabel koplingnya masih sangat bagus, pijakan akan terasa ringan bagaikan menginjak rem. Baca selengkapnya ………..

No comments:

Post a Comment

Terimakasih.
Silakan tulis komentar Anda di sini.